Gagal Booting

Hooeee!! Udah hampir sebulan gua gag ngisi blog ini, hahahaha. Pada ingat sama gua gag? Jangan-jangan udah pada lupa sama gua. Awas lo pada kalo lupa sama gua.

Gua mau berbagi pengalaman yg gua alami selama gua gag nge-blog hampir sebulan ini. Yap, lagi-lagi pengalaman absurd yang harus gua alami. Mungkin gua udah ditakdirkan yak buat ngalamin hal-hal absurd sepanjang hidup gua nanti. *lebay

Pengalaman gua kali ini berhubungan dengan Laptop gua, iya Laptop. Pasti udah tau apa yang terjadi sama laptop gua, kalo gag tau ya kebangetan. Baca judulnya lagi noh.

Jadi begini ceritanya, di pagi hari yang masih dalam suasana Lebaran gua iseng-iseng buat bongkar laptop gua buat ngebersihin dalemannya. Waktu ngebersihin gua copot juga tu RAM-nya biasanya sich gag gua copot, baru kali ini aja gua beraniin nyopot RAM laptop gua. Soalnya ada rencana buat upgrade RAM laptop, itung-itung belajar nyopot dan masang RAM Laptop.

Setelah selesai, gua rakit semua komponen yang gua copot. Habis itu, gua nyalain laptop gua. Nah, masalah mulai muncul disini. Waktu gua nyalain, Cuma kedengeran suara kipas prosesornya aja sedangkan layar laptop hanya gelap gulita bagai black hole, blank gag sampai masuk splash BIOS. Perasaan gua mulai gag enak sampai disini.

Otak gua pun langsung berpikir keras. Mulai memikirkan alasan kalo ditanyain orang tua atau kakak gua kenapa laptop gua bisa jadi kayak gini. Pintu kamar yang semula terbuka, buru-buru gua tutup biar gag ketahuan kalo laptop gua rusak.

Ditengah pikiran yang lagi kacau, gua coba searching penyebabnya langsung gua ketik keyword “not booting after ram upgrade” di Google. Btw gua gaya banget pake keyword bahasa inggris segala.

Akhirnya ketemu penyebab gag mau booting-nya laptop gua.

1. Besar Module melebihi besar yang didukung oleh Processor.

Kalo ini gag mungkin terjadi soalnya laptop gua masih pake RAM yang lama.

2. Module tidak didukung motherboard dan BIOS perlu diupdate

Alasan sama seperti nomer 1.

3. Module rusak.

Penyebab rusak bisa jadi terkena hubungan arus pendek, soalnya sempet gua pegang bagian kuning/socketnya. Kalo penyebabnya ini mampus dah gua untung bukan karena ini.

4. Module tidak terpasang dengan benar

Nah ini, penyebabnya. Setelah gua copot ternyata Module RAM yang gua pasang gag lurus agak miring, mungkin jadi gag kebaca.

Nah itu pengalaman gua bongkar-bongkar laptop. Btw, kalo laptop lo rusak jangan tanya gua ya cara benerinnya, soalnya gua bukan mahasiswa Teknik Komputer atau yang berhubungan dengan jurusan komputer.

Ilustrasi Designed by Freepik

21 Komentar Gagal Booting

  1. Alden Peter

    Gue memang punya laptop, tapi bukan punya gue–melainkan punya mama gue. Jadi biasanya kalau ada rusak, gue benerin sebisanya. Dan gue paling ga berani bongkar pasang itu laptop, nanti bisa-bisa nama gue dicoret dari kartu keluarga (?). Elu termasuk beruntung bisa mengerti kerusakan laptop, oiya kan elu mahasiswa jurusan teknik -_- pantesan

    Salam kenal yawh

  2. ahmad fauzi

    gue pribadi udah pernah sih otak atik laptop. ampe bongkar pasang juga udah pernah. kmren sempet gue bongkar sampe dalem”nya, tmen gue jg pada cengo pas liat gue bongkar laptop. hahah. untungnya ya bisa berjalan semestinya. itu gue bongkar jg karena liat tutorialnya di yutub, klo ga ad tutorialnya jg ga bakalan mau gue bongkar.

    udh gnti yg baru. ga usah ganti ram, laptop nya aja sklian gnti

  3. rimatakatta

    Berani banget bongkar-bongkar laptop. -__-
    Aku gak paham. Hahaha.
    Lucu aja baca di bagian kamu nutup pintu. Hahahahaha. Takut banget, ya? :p

    Btw, kamu siapa, ya? :/ *pura pura lupa*

  4. Rizki Ramdhani

    Hmm aku kalo ngebersihin cuma luar-luarnya aja nggak sampai kedalam-dalamnya segala. Takut kalo ada yang kesenggol atau gimana, kalo masalah gituan kasih aja ke yang berpengalaman.

    Ganti RAM aku pernah waktu itu dibantu saudara, soalnya cuma 1GB jadinya lemot. Katanya kalo gagal bisa kayak yang disebutin diatas bisa juga windowsnya nanti jadi rusak.

  5. aldirahmanuntoro

    gue juga suka bongkar-bongkar sesuatu, yang pasti harus bisa balikkin seperti semula, itu kuncinya. Pengalaman yang menarik, bongkar laptop, untung masih bisa bener, kalo nggak, kan mesti ke tempat service laptop, bisa-bisa bayarnya mahal

  6. Meykke Santoso

    Ehm..kamu siapa ya?? *efeklupagapernahupdateblog Hehehehe

    Oke fine. gue sama sekali ngga ngerti tentang penjabaran lo di atas, mungkin cuman anak TI yang tahu. Aku mah apa atuh..tapi apapun itu semoga lepinya bisa secepetnya bisa buat ngeblog biar ga dilupain ya 😀

  7. andrian

    Berani juga otak-atik laptop yang sudah rusak,
    tapi ga apa-apa, rasa keinginan tau yang tinggi jadi bisa menyelesaikan masalah dengan baik
    oh ya btw laptop w agak rusak ni
    Bisa servise di sini ga ya mas 😀

    1. Rhiski Aprilianto

      laptopnya gag rusak masih sehat sebenernya, gara-gara gua cabut RAM nya trus gua pasang lgi jdi gag mau booting

      kan gua udah bilang gag bisa servis laptop 😐

Tinggalkan Balasan

Komentar Dengan: