Sahur Hanya Mitos Bagi Gua

Wew udah gag lama nulis blog ni kira-kira udah dua mingguan ya? Pada kangen sama gua gag ni? Ini semua gara-gara disibukin sama tugas kuliah yang numpuk biasalah mahasiswa, kalo belum akhir semester ya gag bakal dikerjain. 😂

Pertama-tama gua ucapin Marhaban Ya Ramadhan 😊 (maaf telat ngucapinnya) dan Selamat Menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Singkat cerita ini adalah pengalaman gua Beribadah Puasa di Kota orang. Oh iya, kalo ada yang belum, gua sekarang lagi kuliah di Politeknik Negeri Malang yang jelas ada di Kota Malang. Rasanya ngejalanin puasa jauh dari keluarga itu sesuatu banget. 😭

Kenapa kok sesuatu? Ya karena mulai dari menyiapkan hidangan berbuka sampai sahur harus gua lakukan sendiri. Ssstt, tapi.. tapi kalo masalah buka puasa sih gampang. Soalnya gua bukanya di masjid bareng para jamaah, biasalah mahasiswa biar ngirit gitu 😂. Tapi kalo masalah sahur itu yang paling susah. Sebenernya banyak warung yang buka saat sahur, terus bukan juga masalah gag punya uang tetapi masalah sulit bangun saat SAHUR 😭.

Gini ceritanya, pada sahur hari pertama gua masih bisa bangun jam 03.00 tepat sesuai gua ngeset alarm di HP gua. Waktu itu gua langsung nyari warung yang buka. Mulai hari kedua masalahnya muncul, pada hari kedua gua bangun jam 03:50 sebenernya kurang 20 menit lagi Imsya’ nya tapi karena males dan gua itung-itung kalo warungnya rame ya bakalan nunggu lama terus Imsya’ duluan waktu giliran gua dapet makanan kan bakalan repot nantinya. Jadi, gua putusin sahur dengan segelesas teh manis ditambah segalon air sama sedikit gula. 😂

Hari ketiga yang paling parah gua bangun jam 05:00 ya bisa ditebak gua gag bisa sahur jadinya 😭. Tapi, alhamdulillah puasanya tetap lancar. Hari keempat (hari ini) kebiasaan buruk itu masih berlanjut tapi gag separah hari ketiga hari ini masih gua sempetin buka sama segalon air ditambah sedikit gula, maunya tadi buat teh manis juga tapi karena bangun gua jam 04:00 kurang 9 menit lagi Imsya’. Mudah-mudahan puasa hari ini lancar juga. Aamiin.

Jadi inget suasana puasa di rumah. 😭 Waktu sahur pasti dibangunin keluarga, gag repot-repot buat nyiapin hidangan berbuka atau buat sahur. Meskipun begitu harus dijalanin dengan ikhlas puasnya, mau sahur atau gag ya tetep wajib puasanya. Tapi kalo bisa ya sahur selain buat persiapan buat puasa, sahur kan juga termasuk Sunnah Rosul.

Oh iya gitu aja secuil kisah gua diawal bulan Ramadhan ini semoga puasa kita menjadi berkah. Aamin 😊

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy”

Ilustrasi Designed by Freepik

32 Komentar Sahur Hanya Mitos Bagi Gua

  1. Heru Arya

    Perjuangan bangun Sahur bagi anak kost, emang bagian paling menyeramkan yang pernah gue denger. Gue juga gitu, sering khawatir gak kebangun. Tau-tau udah jam 09.00 pagi, misalnya.. Mampus deh, gue.. ahahaha

    Alarm, halah. Kadang benda dan teknologi ini gak kepake kalo udah siangnya kecapean..

    Ngenes banget emang, kalo lagi puasa gak ada temen. πŸ˜€

  2. burungkumkum

    Kamu semester berapa?

    Kalo yang mahasiswa yang emang ‘susah’ masalah kayak gini gak trlalu masalah soalnya lambungnya udah kuat. Saya aja semenjak ngerjain skripsi udah berubah jadi makhluk nocturnal, siang gak akftif, malam aktif. Jadi tidurnya jam 4/5 subuh, bangunnya jam 12, mandi pergi kuliah. Pulang kuliah jam 7 malam baru makan, trus begadang lagi sampe subuh. Ulangi siklusnya. Hahaha…

    Tapi salut lah buat kamu yang sahurnya ‘gak pake nasi’ :p Semoga lancar puasanya bro… Itu salah satu tantangan dari Tuhan, kamu pasti bisa.

  3. Isya Nur Bachtiar

    anak kost sih anak kost, tapi minumnya nggak segalon juga dong woiii.

    makanya cari pacar, jadi ketika lagi jauh sama orang tua dan nggak aada yang bangunin, ada pacar lo yang setia jadi alarm lo waktu sahur. tapi lo jomblo sih makanya bangunnya aja jam 5 wkwk

    1. Rhiski Aprilianto

      nah masalahnya kalo waktu buka beli yaa gag bisa masa gua ngomong ke pengurus masjid ‘bang bungkusin ya buat saur nanti’ kan gag sopan *eeh bukan itu..
      masalahnya kalo beli dulu trus telat bangun kan sayang bnget tu. jadi mubadzir 😂

  4. Rizali Rusydan

    Derita anak perantauan susah bangun sahur hihihi
    Enak juga ya kalau ada warung yang buka untuk sahur. kalau puasa gak sahur aku bisa asalkan minum segelas aja. kalau gak minum alias telat sahur juga bisa tapi agak lemesan gitu hehehe

  5. Muhammad Afif

    Makin hari makin kacau aje ye, hahaha, untung dihari ke tiga puasa nya kuat. Itulah hikmah puasa :3

    Btw, kalo sahur bareng keluarga itu mah enak, dibangunin lagi. Untung gue masih pelajar yang akan masuk SMA…Jadi gue bakalan manfaatin moment sahur bareng keluarga sebelum pisah nantinya πŸ˜€

  6. Ari Yudha Prastyo

    Haduh, kasihan juga ya nggak ada yang bangunin sahur. Emang nggak ada alarm? Setel alarm aja berulang-ulang, terus taro di deket kuping. Pasti bangun. Kalo nggak bangun juga ya, mungkin emang lu nggak ditakdirkan untuk sahur kali yaa πŸ˜€

    Gue salut, walaupun nggak sahur, tapi puasa lu tetep lancar. Gue aja yang sahur makannya sebakul, tapi pas sore diatas jam 3, pasti perut udah keroncongan, tenggorokan kering, sariawan, bibir pecah-pecah, ahh… minum larutan penyegar cap badaaak!!

    Ya, semoga ibadah puasanya bisa lancar terus yaa :D!

  7. Rima

    Edan. Minum air segalon. Kembung atuh. :)))
    Yaa begitulah nasib puasa jadi anak kostan. Aku juga anak kostan. Nyedih emang. Enakan di rumah. Tapi mau bagaimana lagi. Jalani sajaa~ πŸ˜€
    Semangaaaat. Semoga nggak ada yang bolong.

  8. tofik dwi pandu

    wah sahur lo nggak sama keluarga gue turut berdua cita atas serinya lo kesiangan waktu pas sahur haha
    gue saranin sih mending jangan begadang broh, trus set alarmnya.. kalau bisa alrmnya 3. biar berisik..

    alhamdulilah gue belum pernah kesiangan sahur, gue lagi bayangin ada di posisi lo yang sahur sendirian tanpa keluarga.. rindu banget tuh.. ckckc sabar yah nak

    1. Rhiski Aprilianto

      kalo gag begadang tugas gua gag bkal selesai juga.. Dosen gag perhatian udah tau bulan puasa ngasih tugas kgak kira2..

      semoga aja lo bisa ngrasain sendirian 😂

  9. edotz unyu

    Kadang gue bingung fungsi alarm hp buat apa kalo kasusnya berulang2 terus kayak gini πŸ˜›
    Lagian emang gak ada temen lain yang bisa bangunin.. yah namanya jomblo kalo ngarepin pacar yg bangunin sih susah ya..

    gue dulu juga suka injury time sahurnya pas jaman kuliah.. tapi gue bela2in sahur, soalnya semarang panas banget takut tumbang gue siangnya..

    Btw.. semoga ke depan bisa lebih syahdu lagi bangunnya, jadi gak minum air segalon dikasih gula mulu sahurnya~

  10. doni

    Derita anak kostan ya haha. dulu juga sempet tuh ngerasain sahur jauh dr orang tua, emang repot banget. semuanya harus dilakuin sendiri buat dapet makan

    Btw lu minum air segalon? ebuste banyak bener

  11. ilhamkusumaning

    Wah, kasian juga ya, gak ada yang bangunin sahur. Sedih gitu rasanya. Untungnya gue masih tinggal bareng keluarga. Jadi kalo ada suara berisik jam-jam tiga gitu, berarti keluarga gue lagi pada sahur. πŸ™‚

    Semangat puasanya!! Puasa itu tergantung niat. Kalo niatnya udah gak kuat buat puasa gara-gara gak sahur, pasti nanti enggak kuat beneran. Tapi, kalo kita coba dengan bismillah biar kuat, pasti kuat. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Komentar Dengan: