Semut Jepang Itu Bukan Semut

Beberapa waktu yang lalu ketika ‘berkunjung’ di salah satu Forum Jual Beli gue nemuin barang dagangan yang menurut gue unik. Ada salah satu pedagang yang jualan Semut Jepang, setelah gue telusurin ternyata ada beberapa penjual lagi yang jualan produk yang sama.

jual-semut-jepang

Gue pun baca-baca apa saja manfaat semut jepang, ternyata lumayan banyak manfaat semut jepang tersebut:

  1. Menstabilkan kadar gula darah (untuk pasien diabetes).
  2. Mengobati penyakit Kencing Manis.
  3. Menormalkan asam urat, kolesterol, dan tekanan darah (bagi penderita hipertensi).
  4. Mengobati penyakit jantung.
  5. Menambah vitalitas untuk Pria (Lemah Syahwat) atau Wanita (Libido).
  6. Mengobati penyakit Hati , Ambien.
  7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Immune).
  8. Dan penyakit lainnya.

Namun setelah lihat fotonya dengan seksama gue terkejut (lebay). Ternyata semut jepang itu bukan semut melainkan sejenis kutu atau kumbang pada beras gitu. Dengan ciri-ciri:

  1. Berbadan Keras, bukan lunak seperti semut umumnya. (Seperti Kutu Beras lah!).
  2. Memiliki 3 pasang kaki dan sepasang antena pada tubuhnya.
  3. Memiliki 4 fase perubahan fisik dari telur hingga dewasa.
  4. Bersayap tetapi tidak dapat terbang. (Sayap seperti kumbang).
  5. Hidup berkelompok (Koloni).
  6. Suka bereproduksi
  7. Tidak Agresif (Kecuali jika terkena sinar matahari).
  8. Bukan hewan kanibal

Dugaan gue diyakinkan setelah melakukan riset (gaya amat) di Google (riset kok di google) dengan kata kunci “Japanese Ant” dari pencarian tersebut gue akhirnya masuk ke website database semut yang hidup di jepang.

Spesies Semut Jepang

Spesies Semut yang Mudah Ditemukan di Jepang (sumber: http://ant.edb.miyakyo-u.ac.jp/)

Setelah melakukan pencarian yang lebih lanjut lagi ternyata si ‘semut’ jepang ini merupakan serangga dari Ordo Coleoptera dan lebih tepatnya dari genus Tenebrio dan Tribolium (Famili Tenebrionidae). Sedangkan semut itu berasal dari Famili Formicidae, dan Ordo Hymenoptera. Menurut ilmu Taksonomi si ‘semut’ jepang ini tidak bisa disebut dengan nama Semut karena berbeda amat jauh kekerabatannya.

Mungkin istilah semut jepang di Indonesia digunakan untuk mempermudah penyebutannya seperti menyebut pompa air dengan nama San*o. Terlepas dari hal tersebut, kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari ‘semut’ jepang ini. Namun gue gag bisa jamin penyakit bakal sembuh ketika makan semut jepang tersebut, karena kesembuhan hanya atas izin Alloh SWT.

Ilustrasi designed by Freepik

45 Komentar Semut Jepang Itu Bukan Semut

  1. Abi

    Njiir ini ada dirumah ane. Ternaknya gampang nih binatang, cuman ditaruh toples sama kasih kapas, terus makanya tinggal dikasih ragi. Kalo dirumah ane buat obat nenek ane, nenek ane suka makan nih semut dimasukin kedalem pisang, biar gak jiji katanya… :v

  2. Hebat Maju

    Yuk beli semut jepang murah
    NIH HARGA PAKETNYA
    ‪#‎Harga‬ PAKETAN TERMURAH #
    Promo khusus
    1. Paket 1 : 100 ekor hanya Rp 50.000,-
    2. Paket 2 : 200 ekor hanya Rp 95.000,-
    3. Paket 3 : 300 ekor hanya Rp 140.000,-
    4. Paket 4 : 400 ekor hanya Rp 185.000,-
    5. Paket 5 : 500 ekor hanya Rp 230.000,-
    5. Paket 6 : 1000 ekor hanya Rp 470.000,-
    Hanya yg SERIUS PESAN yg direspon + Dijelaskan Gan,
    Luar kota atau pulai kami kirimkan dengan Pos kilat atau JNE
    Cara Pemesanan
    My pin :2BBAF47A
    No telepon :082231398456
    lebih lanjut http://jualsemutjepangtermurah.com/

  3. Inggit Inggit Semut

    Waaaah geli gue liat gambarnya, tapi hebat yah binatang sekecil itu punya banyak manfaat buat tubuh kita. Gak ngerti juga ini cara konsumsinya kekmana. Btw salam kenal 🙂

  4. muhammad erdi

    lebih kayak kutu bers dibanding semut -__-
    kalau pernah nonton film mummy, ini serangganya mirip banget sama serangga yang ada dalem piramid, yang makan daging dalem filmnya.

  5. Hebat Maju

    Hebat Maju Yuk beli semut jepang murah
    http://www.obatsemutjepang.com
    NIH HARGA PAKETNYA
    #Harga PAKETAN TERMURAH #
    Promo khusus
    1. Paket 1 : 100 ekor hanya Rp 50.000,-
    2. Paket 2 : 200 ekor hanya Rp 95.000,-
    3. Paket 3 : 300 ekor hanya Rp 140.000,-
    4. Paket 4 : 400 ekor hanya Rp 185.000,-
    5. Paket 5 : 500 ekor hanya Rp 230.000,-
    5. Paket 6 : 1000 ekor hanya Rp 470.000,-
    Hanya yg SERIUS PESAN yg direspon + Dijelaskan Gan,
    Luar kota atau pulai kami kirimkan dengan Pos kilat atau JNE
    Cara Pemesanan
    My pin :2BBAF47A
    No telepon :082231398456

  6. Reski Amalia Nurpratiwi

    bokap gue makan ini “semut” setiap hari, jadi itu semutnya yang masih idup dimasukkin ke kapsul dan katanya bokap gue sih badan jadi seger dan kalo gak makan ini semut, malah berasa kurang fit, whahah dah kaya bikin kecanduan aja , padahal gue tau ini bukan semut tapi ya males aja berdebat sama orang tua, karna semua orang yang tau ini ‘semut” ya mereka menganggapnya “semut”, bukan serangga

  7. Dwi Sartikasari

    Loh ternyata semut epang itu cuma nama, ya? Aku kira semut dari jepang dan itu sama aja kayak semut di indonesia. Ya mungkin bisa diibaratkan kayak gitu ya, nama merek.

    What, bentar. Jadi si kutu-kutu itu dimakan? Aku kira cuma ditempelin ke kulit. Duh ngebayanginnya aja udah merinding duluan. Mending berobat medis dan berdoa terus sama Allah deh ketimbang harus makan itu. Sebenernya, mending selalu sehat sih hihi.

  8. Maria Fedelis Kriswanto

    Manusia banget… Smpe binatang kecil pun diexploitasi untuk kebutuhan manusia. Hiks…..
    Binatang ga berdosa ada nyawanya malah buat obat2an 🙁
    Tapi lagi rame ya… Ngembang biakin semut jepang…
    Hmmmm….

  9. Lulu Andhita

    Kemaren aku liat nih ‘semut’ Jepang punya tetanggaku. Menggelikan banget, apalagi larvanya tuh 🙁 Hiiii… Nenekku biarpun diabet tp gak bakal mau makan beginian, apalagi idup2 gitu. Serem bener.. ngeliatnya aja udah geli..

    Klo aku bilang jg ini emang beda jauh sih sama semut, gak ada mirip2 semut sama sekali.. Emg kayak kutu beras gitu sih, tapi ini lebih gede.. Klo gtu kenapa gak dibilang ‘kutu’ Jepang aja ya sekalian? Terus yang aku bingung lagi, emgnya ini ‘semut’ beneran dari Jepang apa namanya doang? Pdhal kan sumbernya dari Jawa kbanyakan, mstinya jd ‘kutu Jawa’ wakakak. Jd beda jauh namanya. Yaudalah bodo amat. Aku jg disuruh makan ogah :p

  10. Rudhie Hariyanto

    Hehehe namanya semut jepang tapi ternyata bukan semut, ini yang salah semutnya atau yang salah orang manggilnya yaa. tapi keren juga semut, eeh sejenis kutu jepang itu di jadiin lahan bisnis. manfaatnya juga banyak tuh buat kesehatan. andai semut indonesia bisa di jual seperti itu !!
    *ngayal*

  11. Meykke Santoso

    Yahh ilmiah sekali postingan kamu ki, jadi bingung mau komen apa. Temen kerja aku juga jualan ma am begini emang katanya manjur dan bagus untuk kesehatan, kate die tinggal dimakan gitu aja. Tpi gue takutdia malah jalan jalan ke usus 12 jari, ini perut apa peternakan??

  12. Heru Arya

    Entah kenapa dan bagaimana. Sebenarnya emang iya, semut jepang emang bukan semut. Tapi, orang Indonesia aja, yang menyebutnya semut jepang. Coba search deh, asli namanya pasti bukan semut jepang.

    Ini kalo gue lihat, lebih kepada kutu-kutuan dari beras gitu. Kemudian di peranakkan. Tapi emang iya, jenis ini adanya cuma di jepang dan dengan banyak manfaat yang bisa ia berikan. Dia kecil tapi tangguh.

  13. Fatimah Aqila

    Eh, kamu anak teknik ya? Btw teknik apa? Keren ya anak teknik tapi mengulas yang berbau biologi gini 😀

    Wihh, keren ya semut kayak gitu dijual. Wah keren juga tuh manfaatnya, apa benar ya khasiatnya itu? Aku baru tau nih ada binatang yang dijual contohnya ya semut jepang ini hahaha

  14. Citra Pradipta Hudoyo

    Wkwk akhirnya ada postingan tentang semut jepang. Nah kan ternyata bukan semut, soalnya saya liat bentuknya persis kaya bayi kecoa… eh tp ternyata itu semacam kutu yah 😀

    Tapi bener loh itu manfaatnya, Ibu temen saya kalau tekanan darahnya kumat jadi tinggi, terus kunyah semut jepang. Tensinya bisa turun… ckck entah ada kandungan zat apa di dalam semut itu.

  15. unidzalika

    Anak Teknik tapi suka Biologi? Atau cuma karena penasaran jadinya sampai riset? :)) Anw, dinamakan semut Jepang untuk mendobrak penjualan dan ada sejarahnya sendiri. Sama seperti bahan jahit yg disebut Spandek Korea, Guci Prancis, atau yg lokal misalnya, Sepatu Cibaduyut, dsb. Nama kota atau negara itu dilabelkan karena terkait asalusul. Nah, waktu itu aku pernah baca kenapa dinamain semut Jepang but unfortunately I forgot. Later I’ll tell ya, hehehe. Nice post btw :))

    Dan oh ya, kok kamu galak-galak banget jawabin komen pembaca? 🙁

  16. aldirahmanuntoro

    lha emang semut boleh dimakan, aduh jadi enek gue bayanginnya. Postingannya mantap, sampe dijelasin nama latin semutnya juga, tapi ternyata dia nggak masuk golongan semut, gpp, yang penting laku kalo buat penjualnya. Tapi itu semutnya buat apa? Kalo buat makan ikan, kayaknya bergizi

  17. Keven Keppi

    Dijadiin bahan obat? Hoek. Ga deh. Gua paling anti makan obat yg berasal dari serangga…

    Mau semut Jepang, mau semut Inggris. Kalo berani nyemutin makanan gua, siap-siap aja dihajar sampai gepeng! =)

  18. Rizky Ashyanita

    nenekku melihara itu semut.
    awalnya jijik geli gitu ngeliatnya, ku kira itu kutu apaan dipelihara. Eh, taunya gituan.
    Pas dia baru netes itu sumpah kek larva, geliii hueeee

    btw, anak teknik tapi cari-carinya ke ranah biologi ya, hehehe

  19. Robby Haryanto

    Anak Biologi yang expert nih kayaknya, bisa hapal gitu 😀

    Jadi, kalau bukan digolongkan ke semut, harusnya si semut jepang digolongkan ke mana dong? Nggak masuk ke mamalia kan? Asli, butuh pencerahan

  20. i Jeverson

    wah… anak biologi nih afal ordo.. famili…
    semut jepang ternyata gokil juga. bisa nyembuhin penyakit, kalau di indonesia mah… bukan nyembuhin penyakit.. bikin penyakit. penyakit bentol-bentol gara2 digigit. dilihat dari bentuknya sih emang lebih cute daripada semut indonesia..

  21. Ara AnggARA

    ah, itu dimakan?

    ditumis, rebus atau cuma di goreng
    baru tahu soal semut yang bisa bantu pengobatan. tapi kalau liat di fotonya yg jualan itu. iya, malah lebih mirip kutu ketimbang semut

  22. Rizki Ramdhani

    Bisa aja dapet ide semut jepang jadiin tulisan.

    Aku mikirnya juga gitu ini namanya semut jepang tapi kok bentuknya gak mirip semut, malah lebih mirip kutu, ternyata beneran bukan semut tapi emang kutu. Kenapa kok gak dinamain kutu jepang aja.

    Tetanggaku ada yang jualan ini, tapi gak ngaruh banyak sama diabetesnya.

    1. Rhiski Aprilianto

      lagi trend soalnya. hahahaha
      iya waktu pertama kali lihat udah kepikiran kalo ini bukan semut.
      kalo masalah bisa penyakit gue gag tau bisa ato gag tapi kalo di FJB kebanyakan manfaatnya kayak yg aku tulis itu,

      1. Rizki Ramdhani

        Mungkin kalo dikasih nama kutu bakal jelek kali imejnya, kan kutu bikin masalah dan penyakit.

        Gak ngaruh banyak soalnya dia selain makan semut jepang tapi makanan manis tetep dikonsumsi jadi ya sama aja :’D

Tinggalkan Balasan

Komentar Dengan: